Cara Mengontrol Marah Yang Tidak Baik


Marah adalah emosi yang berasal dari perasaan frustrasi, sakit hati, jengkel atau kecewa. Hal ini dapat disebabkan oleh kecemasan atas masalah pribadi atau situasi eksternal, semisal diberhentikan dari pekerjaan. Meskipun mengekspresikan kemarahan lebih baik daripada menyimpannya, namun kemarahan harus disalurkan dengan cara yang tepat.

Sering kali kemarahan meledak menjadi kontra-produktif yang menyebabkan masalah dalam hubungan dengan orang lain. Pepatah cina pernah mengatakan “Marah akan menghilangkan 100 kebaikan”. Nah, berikut adalah cara mengelola marah agar tak berdampak buruk pada kita atau hubungan kita dengan orang lain:

1. Menarik napas dalam-dalam

Ketika kamu merasa sedang marah, maka cepat-cepatlah menarik napas dalam-dalam dan mengeluarkannya secara perlahan. Lakukanlah hal ini hingga dirasa kamu bisa mengendalikan pikiranmu secara jernih. Cara ini lumayan efektif sebagai langkah pertama untuk mengelola rasa marah agar emosimu atau rasa marahmu tak berdampak buruk padamu.

2. Berpikir sebelum bertindak

Dalam keadaan marah. Kamu jadi mudah mengatakan hal negatif. Ambil waktu sedikitnya 5 menit untuk memikirkan apa yang akan dikatakan agar perkataan yang kamu keluarkan tidak memberikan efek negatif terhadapmu dan hubunganmu dengan orang lain.

3. Ekspresikan kemarahan

Mengelola marah emosi adalah dengan mengekspresikan kemarahan dengan asertif bukannya meluapkan dalam tindakan yang mengundang konfrontasi. Saat kemarahan memuncak, coba fokuskan diri kamu pada akar permasalahan secara objektif. Karena seringkali ketika marah kita terlalu terbawa pada perasaan subjektif saja.

4. Fokus mencari solusi

Cara mengelola marah berikutnya adalah fokus mencari solusi. Ketimbang mempersoalkan hal-hal yang memancing amarah kamu meluap dan menguras hati, lebih penting mencari solusi. Ingatlah, menuruti kemarahan hanya akan memperburuk situasi.

5. Aktif bergerak

Konon cara mengelola marah ini mampu menurunkan tingkat stres yang bisa memicu kemarahan. Di saat emosi muncul, lakukan aktivitas fisik seperti lari atau berjalan. Bila kamu tak menyukai keduanya, pilih aktivitas fisik lain yang kamu sukai. Kamu lebih bisa mengelola marah emosi.

6. Beristirahat sejenak

Hal yang paling sering menjadikanmu marah adalah karena banyaknya tekanan kerjaan atau tanggung jawab. Ketika hal ini terjadi maka caranya adalah ambil cuti atau berlibur ditengah padatnya kesibukan. Percaya deh, cara ini ampuh menjernihkan jiwa dan pikiran kamu menjadi lebih positif.

7. Lakukan hal yang disukai

Lakukan hal-hal yang kamu sukai, agar kamu tidak fokus terhadap permasalahan atau peristiwa yang membuatmu marah. Hal ini juga bisa membuat emosimu turun sehingga untuk mengambil langkah selanjutnya kamu bisa lebih relaks dan nggak kebawa emosi sehingga fokus dengan solusi atas peristiwa yang yang terjadi.

Nah, itulah cara mengelola marah agar terhindar dari hal negatif dan merugikan hubunganmu dengan orang lain. Jika Kamu mengalami kesulitan menyadari saat ketika Kamu memiliki perasaan marah terhadap orang lain, cobalah untuk menempatkan diri Kamu pada tempat orang itu. Belajarlah cara untuk menertawakan diri sendiri dan melihat dengan selera humor masalah yang Kamu hadapi agar tidak selalu tegang.
Cara Mengontrol Marah Yang Tidak Baik Cara Mengontrol Marah Yang Tidak Baik Reviewed by Girbune on 21.06 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.